Kunjungan Bumil Risti

Administrator 05 September 2022 14:57:22 WIB

Minggu (4/9/2022), Tim TPK 3 melakukan pemantauan Ibu Hamil di Wilayah Dusun Gumulan dan Bogem. Bekerjasama dengan Bidan Arinta didampingi oleh Latifah Mei A, S.Tr. Keb., Bdn., dan Kader Boniyem memberikan beberapa pelayanan kesehatan untuk ibu hamil.

Agenda kegiatan yang dilakukan adalah pemeriksaan ibu hamil berisiko. Kehamilan risiko tinggi adalah kehamilan yang akan menyebabkan terjadinya bahaya dan komplikasi yang lebih besar baik pada ibu maupun pada janin dalam kandungan dan dapat menyebabkan kematian, kesakitan, kecacatan, ketidak nyamanan dan ketidak puasan. Dengan demikian untuk mengahadapi kehamilan atau janin risiko tinggi harus diambil sikap proaktif, berencana dengan upaya promotif dan preventif. Sampai pada waktunya, harus diambil sikap tepat dan cepat untuk menyelamatkan ibu dan bayinya atau hanya dipilih ibunya saja.

Selain itu, tim juga menyampaikan informasi tentang anemia pada ibu hamil dan tata cara pengisian kolom pemantauan tablet Fe pada buku KIA. Ibu hamil biasanya termasuk dalam kelompok rawan kekurangan gizi, karena terjadi peningkatan kebutuhan gizi untuk memenuhi kebutuhan ibu dan janin. Pada ibu hamil biasanya akan membawa dampak terhadap gangguan gizi antara lain anemia. Anemia pada ibu hamil sangat lah penting karena nutrisi dan oksigen bisa memenuhi pertumbuhan oksigen, upaya untuk meningkatkan kadar Hb sehingga dapat menghindari terjadinya anemia dan pencegahan perdarahan pada saat melahirkan maka ibu hamil diberikan tablet tambah darah minimal yaitu tablet (Fe) selama kehamilan.

Tidak kalah penting adalah relaksasi selama kehamilan yang dapat menurunkan tingkat stres dan kecemasan pada ibu hamil serta memberikan respon yang baik pada janin dalam kandungan. Tim dengan dipandu oleh Bidan Arinta mengajak ibu hamil untuk melakukan gerakan Yoga dan relaksasi. Harapannya ibu hamil dapat menjalani kehamilan yang sehat. 

Komentar atas Kunjungan Bumil Risti

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Pencarian

Jadwal Gedung

Peduli Kantong Darah

Pengumuman, Layanan dan Agenda Desa

Klik disini

Kalender Google

Youtube Video

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License