Sosialisasi Cagar Budaya dan Warisan Budaya

Administrator 15 Juli 2024 11:14:20 WIB

CATURHARJO, PANDAK - Senin, 15 Juli 2024 Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul mengadakan Sosialisasi Cagar Budaya dan Warisan Budaya di Kalurahan Caturharjo. Kegiatan Sosialisasi ini juga merupakan fasilitasi terhadap Kalurahan Caturharjo yang menjadi Rintisan Desa Budaya Tahun 2023.

Kegiatan yang dilakukan di Balai Kalurahan ini dihadiri oleh Lurah Kalurahan Caturharjo beserta Pamong Kalurahan, Dinas Kebudayaan, dan jajaran lembaga terkait lainnya. Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kepedulian, kesadaran dan apresiasi masyarakat terhadap Cagar Budaya. Cagar Budaya dan Warisan Budaya ini adalah bidang atau komponen ke-5 dari Desa Budaya. Komponen ke-5 sendiri merupakan Tata Ruang dan Warisan Cagar Budaya.

Sosialisasi ini menghadirkan narasumber dari Dinas Kebudayaan yang memberikan materi mengenai definisi, pentingnya cagar budaya, serta langkah-langkah pelestariannya. Mereka menjelaskan bahwa cagar budaya meliputi benda, bangunan, struktur, lokasi, dan kawasan yang memiliki nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, dan kebudayaan.

Selain itu, narasumber juga memaparkan berbagai upaya yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk melestarikan warisan budaya, seperti menjaga kebersihan situs bersejarah, mengikuti aturan yang ada dalam pelestarian budaya, serta melibatkan diri dalam kegiatan budaya yang diadakan.

Sosialisasi cagar budaya dan warisan budaya di Kalurahan Caturharjo ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pelestarian budaya lokal dan mendorong partisipasi aktif dalam menjaga warisan leluhur. Dengan demikian, kekayaan budaya di Kalurahan Caturharjo akan terus terjaga dan menjadi kebanggaan bersama.

Komentar atas Sosialisasi Cagar Budaya dan Warisan Budaya

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Pencarian

Jadwal Gedung

Peduli Kantong Darah

Pengumuman, Layanan dan Agenda Desa

Klik disini

Kalender Google

Youtube Video

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License