Gerakan 4000 Jogangan Untuk Empat Kemakmuran

Administrator 02 Januari 2020 08:57:02 WIB

CATURHARJO – Kamis (02/01/2020) Pengelolaan sampah Mandiri menjadi solusi nyata, murah dan berkelanjutan dalam menangani sampah. Kunci keberhasilan pengelolaan sampah mandiri adalah masyarakat, maka pemerintah desa Caturharjo, BUMdesa Catur Mandiri, pak dukuh dan pak RT serta semua pihak bersama-sama untuk turut peduli terhadap permasalahan sampah yang kelak akan datang di kemudian hari. Kemudian dilakukan FGD dengan seluruh pemangku kepentingan di desa dengan didampingi aktivis persampahan dari resikplus tercetuslah GERAKAN 4000 JOGANGAN. Jogangan, sebuah langkah yang mudah, teknologi murah dan sudah teruji sejak jaman simbah-simbah dulu untuk digunakan mengolah semua jenis sampah organik, “seko lemah bali nang lemah” (dari tanah kembali ke tanah). Sedangkan "seko pabrik bali pabrik" (dari pabrik bali pabrik)  yaitu jenis sampah kemasan laku jual akan dikumpulkan menjadi tabungan di bank sampah di tiap RT, dan jenis Residu akan dibuang ke TPA pemerintah. Dimana dalam pengelolaan lanjutannya ini menjadi tugasnya unit usaha pengelolaan sampah BUMDesa Catur Mandiri yaitu GRM (Gasik Resik Mandiri). Dengan adanya gerakan 4000 jugangan dan diharapkan paling tidak 85% sampah rumah tangga dapat teratasi sehingga beban anggaran pemerintah dalam pengelolaan sampah menjadi lebih ringan. Gerakan 4000 jogangan untuk 4 kemakmuran. loh kog bisa? Artinya dengan terbuatnya 4000 jogangan oleh warga diharapkan dapat memicu 4 kemakmuran antara lain :

  1. waregi lemahe
  2. waregi tandurane
  3. waregi kewane ternake
  4. waregi wargane 

Jogangan fungsinya sama dengan komposter yang dapat menyuburkan tanah pekarangan kita (waregi lemahe). Tanah yang subur membuat tanduran (tanaman) juga subur dan sehat tanpa memerlukan tambahan pupuk (waregi tandurane). Tanaman subur dan sehat menjadi sumber pakan ternak yang sehat dan melimpah (waregi kewane ternak). Setelah tanah subur, tanaman subur, kewan ternak sehat dan subur, maka otomatis manfaat 4000 jogangan akan kembali ke manusianya yang sejahtera (waregi wargane).

Mari bersama sama kita dukung GERAKAN MASYARAKAT 4000 JOGANGAN.

#Seko lemah bali lemah, seko pabrik bali pabrik

#Olah sampah,cara simbah

#Dukung Bantul Bebas Sampah 2020

Komentar atas Gerakan 4000 Jogangan Untuk Empat Kemakmuran

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Pencarian

Jadwal Gedung

Peduli Kantong Darah

Pengumuman, Layanan dan Agenda Desa

Klik disini

Kalender Google

Youtube Video

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License