POSBINDU Dusun Tegallayang 10

Administrator 21 Februari 2020 09:50:34 WIB

CATURHARJO – Jumat (21/02/2020) Dusun Tegallayang 10 mengadakan Pos Binaan Terpadu (POSBINDU) pada Jumat (14/02/2020) yang bertempat dirumah Bapak Dwi Hertanto selaku dukuh Tegallayang 10. Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Agus PLKB kecamatan Pandak, Puskesmas Pandak II, Dukuh Tegallayang 10, kader dan warga dusun Tegallayang 10. Pos Binaan Terpadu adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular terintegrasi serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu. Pos Binaan Terpadu (POSBINDU) adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular terintegrasi serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu secara gratis. Pada dasarnya pelayanan kesehatan posbindu ada 5 tahap dan dilakukan pemeriksaan satu persatu.

  1. Tahap 1 adalah registrasi dengan menunjukkan KTP dan jaminan kesehatan (kalau ada).
  2. Tahap 2 adalah wawancara yang dilakukan oleh petugas. Disini akan ada tanya jawab dengan peserta mengenai riwayat kesehatan hingga keluhan kesehatan yang dirasakan.
  3. Tahap 3 adalah pengukuran berat badan, tinggi badan, lingkar pinggang, dan lingkar lengan atas. Di tahap 3 ini peserta akan. Mengetahui hasil IMT (Indeks Masa Tubuh) apakah normal atau tidak.
  4. Kemudian tahap 4 yaitu pemeriksaan tekanan darah, dan cek darah. Dan yang terakhir adalah tahap 5 yaitu identifikasi faktor risiko penyakit tidak menular, konseling, hingga tindak lanjut lainnya.

Apabila hasil pemeriksaan parah dan harus ada tindakan medis lebih lanjut, maka petugas akan melakukan tindakan merujuk ke Puskesmas.

Komentar atas POSBINDU Dusun Tegallayang 10

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Pencarian

Jadwal Gedung

Peduli Kantong Darah

Pengumuman, Layanan dan Agenda Desa

Klik disini

Kalender Google

Youtube Video

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License