Semarak Kemerdekaan, Jathilan Turonggo Joyo Mudho

Administrator 05 September 2022 14:39:48 WIB

Semarak Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77, Organisasi Muda Mudi Gumulan mengadakan pagelaran Pentas Jathilan Turonggo Joyo Mudho pada Ahad Legi (28/8/2022) di halaman Rumah Data Kampung KB Gumulan, Caturharjo. Pagelaran dimulai pukul 12 siang sampai pukul 11 malam. Kegiatan ini dihadiri juga oleh Sugeng Sudaryanto (DPRD Bantul, F.PDI) dan H. Wasdiyanto, S.Si (Lurah Caturhajo).

Jathilan merupakan kesenian yang menyatukan antara unsur gerakan tari dengan magis, kesenian ini dimainkan dengan properti berupa kuda tiruan, yang terbuat dari anyaman bambu atau kepang. Pagelaran kesenian ini dimulai dengan tari-tarian yang dinamis menyesuaikan irama gamelan. Gamelan untuk mengiringi jatilan ini cukup sederhana, hanya terdiri dari drum, kendang, kenong, gong, dan slompret, yaitu seruling dengan bunyi melengking. Lagu-lagu yang dibawakan dalam mengiringi tarian, biasanya berisikan himbauan agar manusia senantiasa melakukan perbuatan baik dan selalu ingat pada Sang Pencipta, namun ada juga yang menyanyikan lagu-lagu lain. Selain tarian, para penari itu juga melakukan atraksi-atraksi berbahaya yang tidak dapat dinalar oleh akal sehat. Di samping para penari dan para pemain gamelan, dalam pagelaran jatilan pasti ada pawang roh yaitu orang yang bisa mengendalikan roh-roh halus yang merasuki para penari dan juga untuk menyadarkan penari yang dirasa sudah lama dirasuki.

Pagelaran ini mendapat antusias yang tinggi dari masyarakat, mereka sangat senang menyaksikan pagelaran kesenian ini. Harapannya ajang pelestarian kebudayaan ini dapat dipertahankan.

Komentar atas Semarak Kemerdekaan, Jathilan Turonggo Joyo Mudho

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Pencarian

Jadwal Gedung

Peduli Kantong Darah

Pengumuman, Layanan dan Agenda Desa

Klik disini

Kalender Google

Youtube Video

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License