Bank Sampah Mandiri Barokah: Launching Waste Terminator

Administrator 19 September 2022 13:50:57 WIB

Jumat (9/9/2022) Bank Sampah Mandiri Barokah Kuroboyo, merilis penggunaan alat penghancur sampah, Waste Terminator. Alat tersebut merupakan sumbangan dari Warkaban (Warga Kabupaten Bantul) yang diketuai oleh Didik Akhmadi, yang mana ada dua alat yang disumbangkan untuk Kapanewon Pandak, yakni di Kalurahan Caturharjo dan Kalurahan Wiijirejo. Waste Terminator merupakan penemuan dari Dewan Pakar Warkaban Profesor Agus Priyono.

Acara ini turut dihadiri oleh Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, Rudy Suharta, S.IP., M.M., dan Profesor Agus Priyono dari Warkaban. Sambutan disampaikan oleh Lurah Caturharjo, H.Wasdiyanto, S.Si , dilanjutkan oleh Panewu Pandak, Nanang Dwi Atmoko, S.Sos., yang menyampaikan bahwa sampah tidak hanya dipilah saja lalu dibuang ke TPA, namun harus diolah kembali menjadi benda fungsi, terutama sampah plastik diolah menjadi bijih plastik terlebih dahulu, kemudian diolah menjadi ember, rafia, dll.

Prof Agus Priyono, menjelaskan bahwa alat waste terminator dapat mendaur ulang sampah sebanyak lima kubik per jam. Alat ini nantinya digunakan untuk menghancurkan sampah-sampah yang sudah tidak dimanfaatkan, seperti plastik, alumunium, dan sampah kering. Cara kerja alat ini adalah dengan membakar sampah dalam insinerator secara bertahap dari sampah kering, semi kering, kemudian sampah basah. Alat ini hanya membutuhkan tenaga listrik untuk menghidupkan blower. Sampah yang telah dibakar memberikan residu berupa asap yang dikondensasi, sehingga mendapatkan cairan yang dapat digunakan untuk obat jentik dan penghilang bau kotoran. Sedangkan residu yang berupa abu atau karbon akfif bisa dipakai untuk menetralkan pH tanah, membersihkan air, campuran semen atau bahan baku batako.

Harapannya Waste Terminator dapat digunakan secara efektif di Kalurahan Caturharjo, sehingga dapat mengurangi penumpukan sampah di TPA. Selain itu juga sebagai bentuk dukungan terhadap program  Bantul Bersama 2025.

Komentar atas Bank Sampah Mandiri Barokah: Launching Waste Terminator

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Pencarian

Jadwal Gedung

Peduli Kantong Darah

Pengumuman, Layanan dan Agenda Desa

Klik disini

Kalender Google

Youtube Video

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License