Pengembangan Ekosistem Desa Wisata Puncak Gadung Mlati

Administrator 15 Februari 2023 10:57:20 WIB

Caturharjo merupakan salah satu kalurahan di Kapanewon Pandak Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta, berada sekitar 12 Km dari Kota Kabupaten Bantul arah barat daya. Pada Oktober 2022, telah ditetapkan rintisan Desa Wisata Puncak Gadung Mlati yang berada di dusun Banyuurip dan didukung dengan destinasi wisata Gama Indah yang berada di dusun Gluntung Lor, berdampingan dengan dusun Banyuurip. Puncak Gadung Mlati merupakan area di atas bukit dengan pemandangan kearah pantai selatan yang menarik, dan mempunyai nilai sejarah terkait dengan “seniman putri Gadung dan Mlati”

Paguyuban Warga Kabupaten Bantul (WARKABAN) bersama dengan Kalurahan Caturharjo mendapatkan kesempatan berpartisipasi dalam Program Inovasi Sosial Untuk Pemberdayaam Umat dari Yayasan Baitul Maal PLN (YBM PLN) tahun 2022-2023. Kegiatan yang dilaksanakan adalah “Membangun Ekosistem Desa Wisata Puncak Gadung Mlati Melalui Peningkatan Peran Masyarakat: Kuliner Angkringan dan Budidaya Kentang Kleci”. Lingkup kegiatan yang akan dilaksanakan meliputi:

a) Usaha kuliner angkringan
Kegiatan ini dilakukan di area Puncak Gadung Mlati dan area destinasi wisata Gama Indah. Tumbuhya usaha angkringan dapat merangsang usaha-kuliner lain di lokasi Puncak Gadung Mlati dan sekitarnya.

b) Usaha budidaya kentang kleci
Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mengembangkan potensi pertanian pangan lokal yaitu kentang kleci, yang sudah turun temurun dibudidayakan sebagai komoditas unggulan, sekaligus diupayakan bisa menjadi ikon desa wisata Puncak Gadung Mlati.

c) Sarasehan warga
Kegiatan ini sebagai sarana komunikasi antara warga masyarakat dengan pemerintah Kalurahan, tokoh masyarakat, Pemerintah Kabupaten dan para pelaku suaha bidang pariwisata, dalam rangka membangun ekosistem desa wisata

d) Promosi dan sosialisasi
Kegiatan promosi dan sosialisasi dilakukan melalui berbagai media untuk memberikan penguatan penyampain informasi kepada masyarakat luas tentang Desa Wisata Puncak Gadung Mlati dan beberapa kegiatan yang diselenggarakan terkait dengan penguatan ekosstem desa wisata.

Untuk mengawali kegiatan secara resmi dan memberikan penguatan pelaksanaan program dan peran masyarkat, diadakan acara “Lounching Program Pengembangan Ekosistem Desa Wisata Gadung Mlati” yang diselenggarakan pada Minggu 12 Februari 2023. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata dan perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Bantul, Panewu, Lurah, masyarakat, perwakilan Yayasan Baitul Maal PLN dan WARKABAN. Kegiatan lounching ini juga disemarakkan dengan kegiatan gowes dan jalan sehat bersama masyarakat Caturharjo.
Dinas Pariwisata Bantul terus memberikan dukungan kepada seluruah kalurahan yang mempunyai potensi wisata, khususnya Kalurahan Caturharjo untuk terus dioptimalkan. Pokdarwis juga didorong untuk berkomitmen dan melakukan inovasi-inovasi program untuk pengembangan desa wisata. Apresiasi dan penghargaan juga diberikan kepada WARKABAN yang senantiasi terus melakukan komunikasi dan merintis program-program penguatan untuk peningkatan kepariwisataan Kabupaten Bantul. Kolaborasi antara kalurahan Caturharjo, WARKABAN dan YBM PLN bisa menjadi contoh kerjasama yang sangat baik dalam pemerdayaan masyarakat dalam pembangunan dengan memanfaatkan pendanaan yang juga berasal dari masyarakat.

Komentar atas Pengembangan Ekosistem Desa Wisata Puncak Gadung Mlati

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Pencarian

Jadwal Gedung

Peduli Kantong Darah

Pengumuman, Layanan dan Agenda Desa

Klik disini

Kalender Google

Youtube Video

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License