Peresmian Laboraturium Pengelolaan Sampah Caturharjo

Administrator 01 September 2023 08:34:49 WIB

Rabu (30/8) Pemerintah Kalurahan Caturharjo bekerjasama dengan LPPM UAD Yogyakarta dan MPM PMW Kabupaten Bantul menyelenggarakan acara Peresmian Laboraturium Pengelolaan Sampah di Padukuhan Kuroboyo, Caturharjo, Pandak, Bantul. Hadir dalam peresmian tersebut Rektor beserta LPPM UAD, Ketua TP PKK Kabupaten Bantul, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bantul, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan Kabupaten Bantul, Ketua WARKABAN, Majelis Pemberdayaan Masyarakat PWM Bantul. 

Dalam sambutan Lurah Caturharjo, H. Wasdiyanto, S.Si., mengungkapkan bahwa Kalurahan Caturharjo melalui BUMKal Catur Sejahtera sudah melakukan pengelolaan sampah di Bank Sampah Kuroboyo. Sampah di Kalurahan Caturhharjo sudah dipilah di tingkat rumah tangga. Untuk sampah organik diselesaikan dengan Jogangan, sedangkan untuk sampah laku jual dibeli oleh BUMKal. Sampah residu yang masih tersisa juga diambil oleh BUMKal kemudian dihancurkan dengan Waste Terminator. Pemerintah dan masyarakat Kalurahan Caturharjo ingin menjadikan Kalurahan Caturharjo sebagai Kalurahan Mandiri Sampah. Pemerintah Kalurahan juga berharap agar selalu mendapatkan bimbingan dan dukungan dari UAD dan MPM PMW Kabupaten Bantul.

Hadir juga dalam acara ini Asisten Perekonomi dan Pembangunan Kabupaten Bantul, Pulung Haryadi, mengapresiasi kerja sama yang dilakukan Pemerintah Kalurahan Caturharjo dengan UAD dalam menanggulangi permasalahan sampah yang mana merupakan arahan Bupati Bantul dalam mewujudkan Bantul Bersih Sampah Tahun 2025 (BANTUL BERSAMA)

Dr. Muchlas, M.T, Rektor UAD mengungkapkan bahwa peresmian itu bertujuan untuk meningkatkan kerja sama yang telah dilakukan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul. Ia menambahkan jika kerja sama tersebut untuk mewujudkan program Bantul Bersama. UAD akan terus meningkatkan kerja sama dengan pemerintah Kabupaten Bantul khususnya di bidang pengelolaan sampah.

Laboraturium yang diresmikan juga merupakan tempat edukasi pengelolaan sampah. Didalamnya terdapat alat pengelolaan sampah Waste Terminator dari WARKABAN yang sudah digunakan sebagai penghancur sampah. Adapun alat pengelolaan sampah dari UAD antara lain Pembakar sampah Karmisap, Conveyor Sersan, Rotari Screen, dan Mesin Pemilah Sampah Organik dan Plastik. Selain itu, terdapat juga budidaya magot untuk menyelesaikan residu organik, serta omposter komunal.

Komentar atas Peresmian Laboraturium Pengelolaan Sampah Caturharjo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Pencarian

Jadwal Gedung

Peduli Kantong Darah

Pengumuman, Layanan dan Agenda Desa

Klik disini

Kalender Google

Youtube Video

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License